6/1/14

Nama Pencipta Lagu-lagu Dangdut Yang Sering Hits

daftar nama pencipta lagu terkenal

Halo Dangduters, berbicara lagu, selain terkait dengan penyanyinya tentu erat juga hubungannya dengan siapa pencipta lagu tersebut. Pencipta lagu, termasuk dalam Dangdut, mempunyai peranan yang sangat vital untuk lahirnya berbagai nada, lirik ataupun syair. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang sebenarnya perlu kita ketahui terkait dengan lahirnya sebuah lagu, yaitu, pencipta lagu, penyair, arranger dan komponis yang mempunyai peranan masing-masing. Nah melihat bahwa peranan pencipta sangat vital, kali ini saya akan share tentang siapa saja pencipta lagu-lagu Dangdut yang sering hits, meledak, booming atau terkenal.

Sebelum saya sebutkan siapa saja orang-orang penting di balik layar lahirnya sebuah tembang, perlu kita sadari bahwa sebenarnya para pencipta lagu di Indonesia, terutama untuk Dangdut tidaklah terlalu mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk juga konsumen seperti kita ini. Orang hanya akan mengenal siapa penyanyi lagu tersebut, tapi tidak untuk penciptanya. Budaya seperti inilah yang seharusnya dirubah. Setidaknya, dengan mengetahui siapa saja pencipta lagu tersebut, kita menghargai, menghormati, dan memberikan apresiasi secara tidak langsung terhadapnya meskipun si pencipta lagu tersebut tidak tahu kalau kita memberikan apresiasi untuknya.

Berikut ini adalah beberapa nama pencipta lagu-lagu Dangdut yang sering hits dan populer (mohon maaf, mungkin tidak akan saya tampilkan semuanya di sini).

  1. Rhoma Irama.

  2. Siapa yang tak kenal orang nomor satu di musik Dangdut ini. Beliau sudah terlalu banyak berjasa terutama dalam berkarya, sebagai pencipta lagu Dangdut, komponis, arranger sekaligus penyair. Contoh karyanya yang masih eksis hingga sekarang adalah salah satu lagu Dangdut terkenal bernada mayor yang berjudul Gelandangan (saya menganggapnya sebagai lagu lintas generasi atau lagu sepanjang masa), Begadang, Judi dll yang beliau ciptakan dan dinyanyikan sendiri. Selain itu beliau juga banyak menciptakan lagu untuk penyanyi lain seperti Rita Sugiarto, Elvie Sukaesih. Lagu-lagu yang terkenal misalnya, Pria Idaman, Lukaku, Biduan (Rita S), Bimbang, Datang Untuk Pergi, Kereta Malam (Elvie S) dan lain-lain. Kesuksesan lagu yang diciptakan oleh Rhoma Irama tidak langsung berhenti di masanya saja, tapi berlanjut hingga sekarang. Itu baru lagu solo, belum termasuk lagu duet yang juga hingga saat ini terbilang sukses. Sebut saja misalnya Malam Terakhir, Mandul, Kandungan, Pengemis Buta, Ke Monas, Pertemuan, Cuma Kamu, Menunggu dan lain sebagainya.

  3. Muchtar B

  4. Beliau ini juga salah satu dari sekian pencipta lagu-lagu dangdut yang sering hits, terutama di era 80an dan 90an. Pernahkah sobat (dangduter sejati) mendengarkan lagu Dangdut bernada minor terkenal seperti Duh Engkang yang dinyanyikan oleh Itje Trisnawati?, Dokter Cinta (Evie Tamala), Goyang Karawang (Lilis Karlina), Suling Bambu (Herlina Effendi), Madu Merah (Itje Trisnawati), Rembulan Malam (Evie Tamala) dan lain sebagainya. Tak heran jika beliau ini sering mendapatkan penghargaan, seperti Golden HDX Award. Salah satu ciri khasnya dalam menciptakan lagu adalah adanya bahasa campuran daerah dan Indonesia.
  5. Eddi Lestaluhu (Pacar Dunia Akhirat - Rita S, Rambut - Evie Tamala dll, RT 05 RW 03 - Cici Par)
  6. H. Ukat S (Tersisih - Rita Sugiarto dll)
  7. Toto Ario (Mahal - Meggy Z, Mata Air Cinta - Meggy Z, Dll)
  8. Mashabie
  9. Asmin Cayder (Tembok Derita)
  10. Husein Bawafie
  11. S. Achmadi
  12. Leo Waldy (Pasrah - Muchsin Alatas, Tidak Semua laki-laki - Basofie Sudirman dll)
  13. Latief Khan (Rahasia Cinta - Evie Tamala dll)
  14. Fazal Dath (Senyum Membawa Luka/Anggur Merah - Meggy Z dll, Aku Bukan Hidangan - Hetty S)
  15. Kuntet Mangkulangit (Terlena - Ikke Nurjanah, Galau - Cici Paramida dll)
  16. Aliek Ababil (Selamat Malam - Evie Tamala, Trauma - Yunita Ababil dll)
  17. Zoel Anggara (Bukan Tak Mampu - Mirnawati, Dll)
  18. Aziz Thalib (Siapa Kau - Lilis Karlina, Permata Biru - Rita S, Dll)
  19. Nurbayan ( Oplosan, Pokoke Joget)
Itulah beberapa daftar nama pencipta lagu-lagu Dangdut yang sering hits dan booming. Baik nge-hitsnya di masanya (tahun diluncurkannya lagu tersebut saja) atau sampai sekarang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Jika sobat ingin tahu apa saja lagu-lagu selain tersebut di atas, sobat bisa cari di google dengan mengetikkan salah satu nama tersebut di atas.

    No comments:

    Post a Comment